PENGARUH BAGI HASIL, PEMBIAYAAN QARDH DAN JUMLAH KANTOR BANK TERHADAP DANA PIHAK KETIGA (DPK) BANK MUAMALAT PERIODE 2014-2018 DI INDONESIA

Zein Adi Abung, abu (2020) PENGARUH BAGI HASIL, PEMBIAYAAN QARDH DAN JUMLAH KANTOR BANK TERHADAP DANA PIHAK KETIGA (DPK) BANK MUAMALAT PERIODE 2014-2018 DI INDONESIA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang keuangan dimana kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat secara langsung atau tidak langsung. Bank Muamalat sebagai bank syariah pertama di indonesia mengalami peningkatan pertumbuhan pada awal berdirinya tetapi eksistensinya semakin berkurang dan menurun di beberapa tahun setelahnya. Hal ini sangat penting penting unntuk dijadikan bahak pertimbangan dalam menyusun strategi dan pengambilan keputusan investasi di bank tersebut. Dalam mengambil keputusan untuk melakukan suatu investasi perlu di perhatikan lukuiditas dan managemen bank tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bagi hasil, pembiayaan qardh dan jumlah kantor bank terhadap dana pihak ketiga (DPK) bank Muamalat periode 2014-2018 di Indonesia, hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah untuk mengeahui apakah bagi hasil, pembiayaan qardh dan jumlah kantor bank berpenngaruh signifikan terhadap dana pihak ketiga (DPK) baik secara parsial. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan populasi bank umum syariah yaitu bank muamalat periode 2014-2018. Pengambilan sampel di lakukan dengan purposive sampling. Untuk menguji hipotesis digunakan uji T yang menguji pengaruh bagi hasil, pembiayaan qardh dan jumlah kantor bank terhadap dana pihak ketiga secara parsial pada tingkat signifikan sebesar 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukan t statistik bagi hasil adalah 3.198, pembiayaan qardh sebesar 2.341 dan bagi hasil sebesar 2000. Dengan nilai adjusted square menunjukan nilai signifikan sebesar 0.420 yang berarti sebesar 42.1% dana pihak ketiga (DPK) dapat dijelaskan oleh variabel bagi hasil, dana pihak ketiga dan jumlah kantor bank. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara parsial hanya bagi hasil dan qardh yang berpengaruh signifikan terhadap dana pihak ketiga (DPK) dan hanya jumlah kantor bank yang tidak berpengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:47
Last Modified: 12 Aug 2020 04:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11509

Actions (login required)

View Item View Item