STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUSSOLIHIN DESA BUMIRESTU KECAMATAN PALAS LAMPUNG SELATAN

Rica Kristya Rusdiwan, rus (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUSSOLIHIN DESA BUMIRESTU KECAMATAN PALAS LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi rica kristya rusdiwan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of rica bab 123.pdf]
Preview
PDF
Download (708kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pengembangan sumber daya manusia pondok pesantren Roudhotussolihin merupakan kunci keberhasilan dari sebuah organisasi. Sehingga dalam sebuah organisasi memerlukan adanya pengembangan sumber daya manusia karena manusia merupakan asset terpenting untuk mencapai tujuan yang diinginkan organisasi. Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga yang mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan sumber daya manusia yang ada di Pondok Pesantren Roudhotussolihin Desa Bumirestu Kecamatan Palas Lampung Selatan dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam strategi pengembangan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara (interview ), observasi, dan dokumentasi. Data-data diperoleh dari renponden mengenai strategi pengembangan sumber daya pondok pesantren. Teori-teori dan data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan dan dokumentasi Pondok Pesantren Roudhotussolihin. Interview dilakukan dengan pimpinan pondok pesantren Roudhotussolihin serta pengurus atau guru dan santri yang dianggap dapat memberikan data yang diperlukan dalam penelitian. Observasi dilakukan dengan menggunakan data langsung dari objek tidak hanya dalam batas pada pengamatan saja melainkan juga pencatatan yang dilakukan guna mendapatkan data yang konkrit dan jelas. Dokumentasi yang digunakan dalam mencari data berupa catatan, buku, transkip dan juga agenda. Dari hasil penelitian bahwa startegi pengembangan sumber daya manusia disini ialah DUIT (do’a, usaha, ikhtiar dan telaten ), dan juga adanya pengembangan Tahfidz dan Tilawah, selain itu seorang pimpinan juga menerapkan adanya strategi lain dengan cara yang pertama mentrasfer ilmu pengetahuan, akan tetapi yang paling penting adalah ilmu pendidikan dalam membentuk karakter, kalau secara tertulis metodenya tidak ada tetapi pimpinan meniru dari keberhasilan-keberhasilan guru-guru dipondok pimpinan terdahulu. Adapun faktor pendukung yaitu santri yang semakin meningkat dan masyarakat pun semakin percaya dan meyakini keberhasilan Pondok Pesantren.. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minat santri yang tumbuh dalam diri masing-masing belum terlihat dan harus adanya doktrin-doktrin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:41
Last Modified: 12 Aug 2020 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item