ANALISIS FIQH SIYASAH TENTANG YURISPRUDENSI MAHKAMAH AGUNG MENGENAI FIRST TRAVEL (Studi Yurisprudensi Mahkamah Agung No 3096 K/Pid.Sus/2018 )

REZA AL TEDI, TED (2020) ANALISIS FIQH SIYASAH TENTANG YURISPRUDENSI MAHKAMAH AGUNG MENGENAI FIRST TRAVEL (Studi Yurisprudensi Mahkamah Agung No 3096 K/Pid.Sus/2018 ). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Yurisprudensi adalah putusan Mahkamah Agung pada pengadilan tingkat kasasi. Yurisprudensi Mahkamah Agung No 3096K/Pid.Sus/2018 adalah kasus First Travel dimana pihak First Travel dituntut oleh para jamaah umrah karena merasakan kejanggalan oleh para jamaah umrah pada saat hendak diberangkatkan umrah selalu ditunda-tunda hingga tahun berikutnya dan ada penambahan uang diluar ketentuan yang tidak masuk diperjanjian awal kontrak. Dalam proses dipengadilan negeri Depok Jawa Barat pihak First Travel terbukti melakukan tindak penipuan, penggelapan, dan pencucian uang dan barang-barang bukti dari First Travel diambiloleh negara. Adapun rumusan masalah: 1.Bagaimana pertimbangan hukum hakim Mahkamah Agung tentang yurisprudensi perkara First Travel? 2.Bagaimana analisis Fiqh Siyasah tentang pertimbangan hukum hakim mengenai yurisprudensi Mahkamah Agung terkait First Travel ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejelas mungkin tentang bagaimana pertimbangan hukum hakim Mahkamah Agung tentang putusan terkait First Travel dan untuk mengetahui pandangan Fiqh Siyasah tentang pertimbangan hukum hakim mengenai yurisprudensi Mahkamah Agung terkait First Travel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan sifat penelitian deskriptif analisis, menggunakan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data adalah metode dokumentasi dengan metode pengolahan data editing, coding dan systematizing. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan pendekatan berfikir deduktif. Setelah semua data terkumpul, penulis menganalisis secara analisis isi (Content Analisis). Hasil dari penelitian ini adalah 1.yurisprudensi Mahkamah AgungNo 3096K/Pid.Sus/2018tentang perkara First Travel mengadili terdakwa Andika Surachman dan Anniesa Devitasari Hasibuan terbukti melakukan penipuan, penggelapan, pencucian uang dan dirampasnya bukti-bukti dari First Travel oleh negara, Keputusan hakim Mahkamah Ag ung tersebut tidak bertentangan dengan peraturan yang ada dengan dasar hukum Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang No 8 Tahun 2010 Bab II Pasal 3 sedangkan putusan tersebut dipandang oleh para jamaah tidak adil. 2 sedangkan dalam analisis Fiqh Siyasah tentang yurisprudensi Mahkamah Agung tentang First Travel adalah penipuan, penggelapan, dan pencucian uang termasuk kategori ghulul dengan sanksi Jarimah ta’zir yang di mana hukuman ditentukan oleh ulil amri (pemerintah) atau hakim yang berdasarkan ijtihad dari peraturan yang ada telah sesuai dengan hukuman yang berlaku, sehingga sudah sesuai dengan Fiqh Siyasah namun dalam unsur keadilan tidak terpenuhi secara keseluruhan karena tidak ada ganti kerugian untuk para jamaah umrah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:50
Last Modified: 12 Aug 2020 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11500

Actions (login required)

View Item View Item