PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMAS PARAMARTA I SEPUTIH BANYAK

AHMAD EFFENDI, eff (2020) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMAS PARAMARTA I SEPUTIH BANYAK. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbedabeda tetapi tetap satu juga. Dengan adanya semboyan tersebut menandakan adanya nilai-nilai multikultural yang terdapat di Negara Indonesia, yang tidak hanya menyangkut tentang suku, agama, ras, budaya yang terdapat pada masyarakat, namun juga terdapat dalam dunia pendidikan. Pendidikan diberi tanggung jawab untuk menciptakan rasa kemanusian, moral, kepribadian yang mendukung terjadinya kedamaian dimasyarakat melalui penyebaran pengetahuan, wawasan, dan spirit bagi generasi anak-anak, remaja, pemuda secara khusus dan masyarakat umum. Untuk mencapai hal tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari peserta didik baik di madrsah maupun sekolah umum adalah Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal. Dalam proses pembelajaran terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kesemuanya itu merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Berdasarkan observasi awal realita yang terjadi di SMAS Paramarta 1 Seputih Banyak terdapat interaksi yang baik dari seluruh warga sekolah sehingga menunjukan adanya implementasi dari nilai-nilai multikultur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis multikultural, bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis multikultural dan bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis multikultural yang terdapat di SMAS Paramarta 1 Seputih Banyak. Kesimpulan penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran PAI berbasis multikultural di SMAS Paramarta 1 Seputih Banyak Lampung Tengah, lebih menekankan nilai-nilai multikultur yaitu toleransi, tolong tolong menolong, gotong royong, demokrasi, persatuan dan kesatuan yang termuat dalam rencana program pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis multikultural di SMAS Paramarta 1 Seputih Banyak Lampung Tengah adalah dengan pembelajaran pendidikan agama Islam yang diberikan melalui pendekatan sosiologis. penggunaan metode didalam proses pembelajaran yaitu menggunakan metode sosiodrama dan study case, selain dalam pembelajran didalam kelas guru juga memberikan pembelajaran diluar kelas dengan memberikan kegiatan seperti berinfak, tadarus al-Qur,an, sholat dhuha, berqur’ban, dan berzakat. Evaluasi pembelajaran PAI Islam berbasis multikultural di SMAS Paramarta 1 Seputih Banyak Lampung Tengah yaitu dengan menerapkan evaluasi dengan memperhatikan nilai-nilai multikultural yang terintegrasi dalam ranah kognitif, psikomotorik, afektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:56
Last Modified: 27 Jul 2020 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11362

Actions (login required)

View Item View Item