PENERAPAN METODE PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DI SMP IT AL-FARABI KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN

Retno Yuliati, yul (2020) PENERAPAN METODE PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DI SMP IT AL-FARABI KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS LENGKAP OK PDF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of retno yu.pdf]
Preview
PDF
Download (921kB) | Preview

Abstract

Penerapan karakter religius merupakan usaha untuk menerapkan pendidikan karakter pada peserta didik dengan melalui beberapa metode atau pembiasaan untuk tercapainya karakter religius. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode pembinaan karakter religius di SMP IT Al-Farabi Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, obervasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pelaksana Tugas Pimpinan Pondok Pesantren, Kepala sekolah, Pembina Pengasuh, Pengasuh, pendidik, pengurus OSPA dan peserta didik.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa pembinaan karakter religius di SMP IT Al-Farabi yang sangat mendominasi adalah metode pembiasaan dan dikuatkan melalui keteladanan yang dilakukan pendidik dengan memberikan contoh kepada peserta didik, memberi pengertian dan nasihat kepada peserta didik, pembelajaran dilakukan guru dengan mengaitkan materi dengan aspek religius. Langkahlangkah penerapannya sudah mengacu pada teori yang ada, namun yang menjadi ciri khas adalah selalu memberi taujihat wal irsyadat sebelum melakukan kegiatan dan selalu melakukan pengontrolan setiap kali memberikan tugas. Kelebihan dari metode-metode pembinaan karakter religius adalah keikutsertaan para pendidik dalam setiap kegiatan dan peraturan yang ditetapkan kepada peserta didik. Sedangkan kelemahannya adalah terdapat beberapa pendidik yang belum dapat mengaplikasikan antara teori yang diajarkan dengan kenyataan atau praktik nilai nilai yang disampaikan. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut adalah memberi teguran dan bimbingan kepada pendidik. Sarana pendukung yang sangat mempengaruhi adalah bel, CCTV, amplop mukafa‟ah setiap asrama sebagai upaya saling mengahargai antar sesama peserta didik atas perbuatan baik yang telah dilakukan oleh peserta didik lainnya, dan pengadaan kotak sampah di setiap tempat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:30
Last Modified: 27 Jul 2020 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11355

Actions (login required)

View Item View Item