IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN EKOLOGI DI SMAN 1 SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN

AGUNG SUPRIYONO, sup (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN EKOLOGI DI SMAN 1 SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Ekologi merupakan proses pembelajaran yang didalamnya terdapat serangkaian kegiatan pembelajaran yang berhubungan dengan alam. Oleh karena SMA N 1 Sidomulyo menerapkan kurikulum 2013 berbasis kemaritiman maka setiap perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran harus memuat kurikulum berbasis kemaritiman. Keunggulan kurikulum basis kemaritiman ini selain menambah wawasan mengenai ekosistem laut juga menuntut siswa untuk dapat berperan aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi peneliti terhadap proses pembelajaran pendidikan agama islam berwawasan ekologi di SMA N 1 Sidomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk memaparkan perencanaan Implementasi Pembelajaran pendidikan Agama Islam berwawasan ekologi di SMAN 1 Sidomulyo Lampung Selatan (2) Untuk mengidentifiasi pelaksanaan Implementasi pembelajaraan pendidikan Agama Islam berwawasan ekologisdi SMAN 1 Sidomulyo Lampung Selatan (3) Untuk mengevaluasi Implementasi pembelajaraan pendidikan Agama Islam berwawasan ekologi di SMAN 1 Sidomulyo Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan. Adapun data dikumpulkan melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Untuk Analisis data peneliti lakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan consclucing drawing/verificaton. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan ekologi diwujudkan dalam bentuk Silabus beserta pengembangan RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan ekologi dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan pelaksanaan model discovery learning (Stimulation, problem statement, data collection, data processing, generalisation), (3) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan ekologi menggunakan autentic asessment yang dapat dilaksanakan dengan cara Tes dan Non tes.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:23
Last Modified: 19 Aug 2020 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11353

Actions (login required)

View Item View Item