KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP SUNAN AMPEL KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH Tahun 2019/2020

FATKHUL KHOIR, KHO (2020) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP SUNAN AMPEL KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH Tahun 2019/2020. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of THESIS FATKHUL KHOIR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of THESIS FATKHUL KHOIR.pdf]
Preview
PDF
Download (17MB) | Preview

Abstract

Untuk meningatkan mutu pendidikan tentunya penting sekali kompetensi kepala sekolah. Semakin baik kompetensi yang di yang diterapkan maka akan baik mutu pendidikannya. Akan tetapi kenyataan di SMP Sunan Ampel Punggur Lampung Tengah kepala sekolah sudah menerapkan kompetensi dengan baik tetapi mutu pendidikannya masih kurang bermutu hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan interaksi antara guru dan siswa serta dari mengelola guru dan staff. Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) perencanaan program. (2) memimpin sekolah. (3) menciptakan budaya dan iklim sekolah. (4) mengelola guru dan staff di SMP Sunan Ampel Punggur Kabupaten Lampung Tengah tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan staf disekolah. Data dianalisis dengan cara mereduksi, menyajikan data, Conclusing Drawing/Verification. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan menyusun perencanaan di SMP Sunan Ampel Pungur Kabupaten Lampung Tengah sudah baik. Ini dilihat dari penyusunan perencanaan untuk kedepannya sudah berjalan cukup baik. 2) Kemampuan dalam pemanfataan sumber daya secara optimal dari hasil penelitian proses pemanfaatan sumber daya manusia di SMP Sunan Ampel Kabupaten Lampung Tengah ini termasuk sudah cukup baik, namun kita juga masih perlu banyak belajar lagi untuk terus meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga pendidikan di sini agar hasil dari proses pendidikannya cukup maksimal dan dibutuhkan nya evaluasi untuk tercapainya tujuan pendidikan yang terarah. 3) Kemampuan menciptakan budaya dan iklim disekolah dari hasil penelitian di SMP Sunan Ampel punggur Kabupaten Lampung Tengah masih terjadi interaksi yang kurang baik antara guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa kurang dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga prestasi yang diharapkan dapat meningkat setelah siswa mengikuti pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. 4) Kemampuan mengelola guru dan staf di SMP Sunan Ampel Punggur Kabupaten Lampung Tengah dalam program ini maka sangat dominan sekali peran kepala sekolah, terutama dalam proses prekrutan tenaga

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 14 Jul 2020 03:10
Last Modified: 14 Jul 2020 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11173

Actions (login required)

View Item View Item