PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sari, Sri Ratna Karunia (2017) PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (73MB) | Preview

Abstract

Masih rendahnya kemampuan membaca pemahaman membaca di kelas V MIN 4 Bandar Lampung sangat berpengaruh pada pembelajaran. Dalam hasil wawancara dengan wali kelas V dapat di ambil kesimpulan bahwa masih rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik di karenakan peserta didik yang hanya membaca saja tanpa mengetahui isi bacaan tersebut dan metode pembelajaran yang belum sesuai dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Untuk itu diperlukan berbagai metode pembelajaran yang cocok salah satunya adalah metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R). Metode Survey, Question, Read, Recite, Review(SQ3R) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Tujuan dari pemilihan metode ini adalah untuk membuat pelajaran lebih menyenangkan dan peserta didik dapat menerima sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 4 Bandar Lampung yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dalam meningkatkan kemampuan belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V MIN 4 Bandar Lampung. Alat pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan belajar peserta didik meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I hanya mencapai rata-rata 70 dengan rincian 15 peserta didik atau 63% yang mencapai peningkatan dan 9 peserta didik atau 37% yang belum mencapai peningkatan. Kemudian dilajutkan pada siklus 2 yang mencapai rata-rata sebesar 77.30. Peningkatan terlihat pada siklus 2, yakni nilai hasil tes dengan rincian 20 peserta didik (83%) dengan rata-rata 77.30, sedangkan yang belum meningkat sebanyak 4 peserta didik atau 17%. Dengan demikian, peserta didik telah mencapai peningkatan dengan jumlah 83%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Aug 2017 07:43
Last Modified: 21 Aug 2017 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item