INTERNALISASI NILAI HUMANISME RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA AL-FATAH NATAR

Mihad, mih (2020) INTERNALISASI NILAI HUMANISME RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA AL-FATAH NATAR. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of tesis lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of mihad.pdf]
Preview
PDF
Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Nilai Humanisme Religius Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Al-Fatah Natar” Pokok masalah dijabarkan dalam beberapa pertanyaan penelitian, yaitu: (1) Bagaimana Implementasi humanisme religius dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di MA Al-Fatah Natar? (2) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung internalisasi humanisme religius dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di MA Al-Fatah Natar? (3) Bagaimana upaya mengatasi hambatan Implementasi humanisme religius dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di MA AlFatah Natar? Jenis penelitian yang digunakan tergolong deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan filosofis, psikologis, dan pedagogis. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu, teknik analisis dan interpretasi data penelitian menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan melalui tiga tahapan, yaitu; reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan serta pengujian keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Implementasi humanisme religius telah berjalan sesuai dengan prosedur yang ada, yaitu guru menerapkan interaksi yang bermartabat melalui model pembelajaran yang (interaktif, kreatif, inovatif, aktif, dan menyenangkan. (2) Faktor penghambat dan pendukung Implementasi humanisme religius dalam pembelajaran pendidikan Islam yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal meliputi; lingkungan madrasah, dan pengawasan orang tua/wali. Sedangkan faktor internal meliputi; pengendalian diri, psikologi, dan kebiasaan. (3) Upaya mengatasi hambatan Implementasi humanisme religius dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam yaitu; Bimbingan Konseling (BK ), pembiasaan, pengawasan, dan pemberian reward and punishment.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 10 Jul 2020 03:52
Last Modified: 10 Jul 2020 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11138

Actions (login required)

View Item View Item