PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMKN 1 NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN

ABDUL LATIEF ARUNG ARAFAH, LAT (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMKN 1 NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
PDF
Download (777kB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan pembelajaran di lembaga pendidikan adalah meningkatnya prestasi belajar siswa dari waktu ke waktu. Prestasi belajar siswa bukan suatu ubahan tunggal tapi dipengaruhi oleh banyak faktor baik faktor internal maupun eksternal. Diantara faktor yang cukup signifikan memberikan pengaruh pada prestasi belajar adalah kecerdasan emosional dan kebiasaan siswa dalam belajar. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Negerikaton Kabupaten Pesawaran, pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis corelasi product moment dan regresi sederhana. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 296 siswa yang tersebar pada 4 jurusan. 25% dari populasi yakni 74 siswa menjadi sampel penelitian, penentuan sampel diacak dengan cara diundi. Penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu Prestasi Belajar siswa sebagai variabel Y, Kecerdasan Emosional sebagai variabel X1 dan Kebiasaan Belajar sebagai variabel X2. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Dari hasil penelitian diperoleh temuan sebagai berikut; Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan dari kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 1 Negerikaton Pesawaran sebesar 18.8%, dengan kekuatan hubungan sebesar 0,434. Hal ini berarti bahwa apabila tingkat kecerdasan emosional siswa tinggi, maka prestasi belajar yang diperoleh siswa cenderung tinggi. Sebaliknya, apabila tingkat kecerdasan emosional siswa rendah, maka prestasi belajar yang diperoleh siswa juga cenderung rendah. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan dari kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 1 Negerikaton Pesawaran. Pengaruh yang disumbangkan oleh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 11%, dengan kekuatan hubungan sebesar 0,331. Hal ini berarti bahwa apabila tingkat kebiasaan belajar siswa tinggi, maka prestasi belajar yang diperoleh siswa cenderung tinggi. Sebaliknya, apabila tingkat kebiasaan belajar siswa rendah, maka prestasi belajar yang diperoleh siswa juga cenderung rendah. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 1 Negerikaton Pesawaran sebesar 23.4%, dengan kekuatan hubungan kedua variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 0.483. Kedua variabel di atas sama pentingnya, dan sama-sama memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jika kedua variabel di atas berinteraksi dengan baik, maka keduanya akan saling mendukung dan melengkapi dan tentunya tidak terlepas dari faktor-faktor lain yang juga turut mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 07 Jul 2020 03:49
Last Modified: 07 Jul 2020 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11074

Actions (login required)

View Item View Item