PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Way Urang Kec.Kalianda Lam-Sel)

Cahya, Rananda Iman (2018) PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Way Urang Kec.Kalianda Lam-Sel). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan bank yang sangat pesat merupakan dampak dari pertumbuhan ekonomi masyarakat sehingga terjadi persaingan yang sangat ketat dalam dunia perbankan untuk bersaing dalam mendapatkan simpati masyarakat menjadi nasabah bank tersebut. Berbagai produk bank dikeluarkan dengan berbagai fasilitas dan kemudahan bertujuan menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa bank tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap minat masyarakat bertransaksi di bank syariah. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Way Urang Kec.Kalianda Lampung Selatan yaitu sebanyak 10.025 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan proportionate strstified random sampling yang didapat sampel 100 orang .Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitain lapangan (field research), yang bersifat asosiatif yaitu penelitian yang memiliki sifat hubungan anatara dua variabel. Serta alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa uji t iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat bertransaksi di Bank Syariah dengan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,923 > 1,98, pada promosi penjualan berdasarkan uji t bahwa promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat bertransaksi di Bank Syariah dengan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,585 > 1,98, pada uji F atau uji serempak menunjukkan bahwa F hitung > F tabel bahwa iklan dan promosi penjualan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat bertransaksi di Bank Syariah dengan nilai 116,957 > 3,09. Menurut koefesien determinasi ditunjukkan oleh R Square adalah sebesar 0,707 atau 70,7% yang berarti bahwa minat masyarakat bertransaksi di Bank Syariah dapat dijelaskan oleh variabel iklan dan promosi penjualan dan sisanya sebesar 29,3% atau 29,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain. Artinya semua variabel iklan dan promosi penjualan terhadap minat masyarakat bertransaksi di Bank Syariah mempunyai pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Nov 2018 04:20
Last Modified: 21 Nov 2018 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item