PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IQRA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP NILAI KARAKTER DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X IPA DI SMAN I BUAY MADANG, SUMATERA SELATAN

LUTHFI, NURRANA FITRIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IQRA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP NILAI KARAKTER DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X IPA DI SMAN I BUAY MADANG, SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran iqra berbasis keterampilan proses sains terhadap nilai karakter dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi keanekaragaman hayati kelas X IPA di SMA Negeri I Buay Madang, Sumatera Selatan. Jenis metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain quasi Experimental. Metode pegambilan sampel ini dengan cara Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukan secara umum model pembelajaran iqra berbasis keterampilan proses sains terhadap nilai karakter dan hasil belajar kognitif pada materi keanekaragaman hayati menunjukan adanya perubahan peningkatan berdasarkan indikator pencapaian. Data hasil analisis tes terakhir adalah uji hipotesis mann-whitney nilai karakter dengan Asymp.Sig kemudian hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kontrol keseluruhan data hipotesis memiliki maka dapat disimpulkan bahwa : (ditolak). Dari hasil penelitan karena ada pengaruh peningkatan nilai karakter dan hasil belajar kognitif dengan mendapatkan model pembelajaran iqra berbasis keterampilan proses sains tidak sama rata-rata peningkatan nilai karakter dan hasil belajar kognitif peserta didik yang mendapat model pembelajaran konvesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 28 Nov 2018 01:54
Last Modified: 28 Nov 2018 01:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item