IMPLEMENTASI SISTEM REWARD AND PUNISHMENT DALAM PELAKSANAAN IBADAH AGAMA ISLAM DI SMPN 7 KOTABUMI KABUPATEN LAMPUNG UTARA

SITI LISTIYANA, LIS (2020) IMPLEMENTASI SISTEM REWARD AND PUNISHMENT DALAM PELAKSANAAN IBADAH AGAMA ISLAM DI SMPN 7 KOTABUMI KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis Siti Listiyana Full PDF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Siti Listiyana.pdf]
Preview
PDF
Download (662kB) | Preview

Abstract

Peraturan merupakan suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan. Peraturan dibuat agar tujuan pendidikan dapat dicapai, dan dengan aturan yang jelas kehidupan peserta didik pun lebih teratur. Namun ada kalanya oknum atau pelaku yang sengaja melanggar peraturan, akibat pelanggaran tersebut maka muncullah adanya sanksi atau hukuman yang dikenakan kepada si pelanggar untuk mempertanggung jawabkan, dalam lembaga pendidikan untuk menuju proses pendidikan dan pengajaran secara baik dan benar diperlukan adanya peraturan-peraturan agar seluruh proses pelaksanaan pendidikan lancar, dan bagi pelanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan pasti akan menerima hukuman sesuai aturan yang telah dilanggarnya. Di SMPN 7 Kotabumi ada sebuah sistem Punishment yang dibuat untuk peserta didik agar lebih disiplin. Jadi kajian ini peneliti ingin melihat perubahan perilaku peserta didik setelah menerima hukuman tersebut.Untuk mengetahui hal tersebut perlu kita ketahui apa ragam dan tujuan Punisment yang diterapkan di SMPN 7 Kotabumi, dan bagaimana langkah – langkah pemberiannya, dan yang terakhir bagaimana implementasi dari Punisment tersebut terhadap perubahan perilaku peserta didik. Penelitian ini bersifat kajian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian diketahui bahwa ragam dan tujuan punishment yang dilakukan di SMPN 7 Kotabumi diterapkan sesuai pelanggaran yang dilanggar dan menerima hukuman sesuai klasifikasi jenis pelanggaran serta mayoritasnya bersifat pedagogis. Hasil yang dicapai adalah munculnya apresiasi orang tua terhadap sekolah setelah melihat perubahan sikap anaknya, kepada peserta didik sendiri menjadi lebih baik. Penerapan punishment sudah dapat dikatakan efektif, hal ini dikarenakan hasil yang dicapai sudah sesuai dengan harapan dan tujuan dari peraturan kedisiplinan, meskipun masih terdapat beberapa kendala-kendala yang ditemui dan yang semestinya ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 24 Jun 2020 06:06
Last Modified: 24 Jun 2020 06:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10801

Actions (login required)

View Item View Item