PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 7 KOTABUMI LAMPUNG UTARA

PUJI RAHAYUNINGSIH, RAH (2020) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 7 KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis Full PDF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of puji.pdf]
Preview
PDF
Download (713kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berbicara tentang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Kotabumi yang mampu menghasilkan peserta didik yang berprestasi dan mempunyai ahklak yang mulia diasumsikan karena dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran problem based learning .Penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis problem based learning 2. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis problem based learning. 3. Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis problem based learning di SMP Negeri 7 Kotabumi. Selanjutnya pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara,dan dokumentasi yang terkait dengan data penerapan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis problem based learningdi SMP Negeri 7 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara. Mencermati statmen diatas maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis problem based learning sesuai dengan silabus dan RPP kurikulum 2013 revisi 2019 yang termaktum di Permendikbud No. 22 Tahun 2016 2. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis problem based learning. Sudah berjalan dengan baik dan sudah berlangsung lama sehingga bisa menumbuhkan peserta didik yang kreatif, inovatif, mandiri dan critical tinking 3. Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis problem based learning di SMP Negeri 7 Kotabumi mengacu dan sesuai dengan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 yang mencakup 3 ranah penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 24 Jun 2020 05:48
Last Modified: 24 Jun 2020 05:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10800

Actions (login required)

View Item View Item