PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN 1 GEDUNG SARI KECAMATAN ANAK RATU AJI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

KURNIA DWI PUTRI, DW (2020) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN 1 GEDUNG SARI KECAMATAN ANAK RATU AJI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of AWAL KURNIA.pdf]
Preview
PDF
Download (371kB) | Preview
[thumbnail of Tesis Kurnia Lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penguatan pendidikan karakter adalah program yang sangat penting dilaksanakan guna memperkuat karakter siswa. Pendidikan sekolah dasar strategis untuk pendidikan karakter. Salah satu mata pelajaran yang mendukung implementasi penguatan pendidikan karakter adalah pendidikan agama islam (PAI). Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa SD N 1 Gedung Sari sudah menerapkan pendidikan karakter dan pembelajaran PAI menggunakan pendekatan scientific namun karakter siswa masih melemah yaitu siswa sering berkelahi antar teman, berkata kasar dan tidak jujur terhadap guru dan teman, adanya kebiasaan bully, menyontek masih menjadi tradisi, dan tidak berpakaian rapi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana: (1) Penguatan pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran PAI. (2) Penguatan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran PAI. (3) Penguatan pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran PAI di SD N 1 Gedung Sari. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Dan uji keabsahan data adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, penguatan pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran PAI di SD N 1 Gedung Sari diintegrasikan ke dalam tujuan, materi, metode, dan kegiatan pembelajaran yang didesain pada silabus dan RPP memuat nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Kedua, penguatan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di SD N 1 Gedung Sari diintegrasikan ke dalam kegiatan pendahuluan memuat nilai religius. Kegiatan inti memuat nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Dan kegiatan penutup memuat nilai integritas dan religius. Ketiga, penguatan pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran PAI di SD N 1 Gedung Sari diintegrasikan pada penilaian autentik yaitu ranah sikap (attitude), ranah pengetahuan (knowledge), dan ranah keterampilan (skill) memuat nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Dalam penelitian ini penguatan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran PAI masih melemah karena kurangnya penanaman metode keteladanan dari guru. Kata Kunci : Penguatan Pendidikan Karakter, Pembelajaran PAI, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:57
Last Modified: 23 Jun 2020 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

View Item View Item