PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMK PERINTIS ADILUHUR TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Halimah, Nurul (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMK PERINTIS ADILUHUR TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Halimah.pdf]
Preview
PDF
Download (43MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa SMK Perintis Adiluhur masih rendah dan perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran matematika sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Model pembelajaran mind mapping berbasis etnomatematika dapat diterapkan untuk hasil belajar matematika peserta didik lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif mind mapping berbasis etnomatematika lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Perintis Adiluhur tahun pelajaran 2016/2017 dan dipilih secara populasi sampling diperoleh kelas XI Akuntansi I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi II sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, wawancara, dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes tertulis . Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian dan perhitungan uji-t diperoleh bahwa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Aug 2017 02:48
Last Modified: 18 Aug 2017 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item View Item