IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP GLOBAL MADANI RAJABASA BANDAR LAMPU

Zahroni, Z (2017) IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP GLOBAL MADANI RAJABASA BANDAR LAMPU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Zahroni.pdf]
Preview
PDF
Download (70MB) | Preview

Abstract

Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan secara terus menerus. Oleh karena itu, dalam suatu pendidikan perlu adanya pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah secara terus menerus, karena supervisi pembelajaran dapat mengembangkan kompetensi profesional guru. Maka penulis meneliti tentang implementasi supervisi pembelajaran kepala sekolah dengan rumusan masalah bagaimana Implementasi supervisi pembelajaran kepala sekolah di SMP Global Madani Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana Implementasi supervisi pembelajaran kepala sekolah di SMP Global Madani. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penulis yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penulis menggunakan triangulasi sumber di tunjang dengan metode, kemudian menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru di SMP Global Madani Rajabasa Bandar Lampung. Dari hasil analisis data yang dilakukan, Maka penulis menyimpulkan bahwa Kepala sekolah di SMP Global Madani dalam mengimplementasikan supervisi pembelajaran yaitu dengan membantu guru dalam persiapan mengajar, Membantu guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, Membantu guru dalam menggunakan berbagai sumber dan media belajar, Membantu guru dalam menerapkan metode dan tehnik mengajar, Membantu guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran, Membantu guru dalam melakukan analisis hasil belajar Membantu guru dalam menganalisis kesulitan belajar siswa, dengan melalui suatu proses pembuatan Perencanaan supervisi Pembelajaran, kemuadian melakukan pendekatan direktif dan menggunakan teknik, kunjungan kelas, pertemuan individual rapat, dan diskusi kelompok, kemudian kepala sekolah menindaklanjuti hasil dari supervisi pembelajaran dengan melakukan pembinaan secara individual. Mengacu pada teori supervisi maka Implementasi dari supervisi pembelajaran kepala sekolah di SMP Global Madani Rajabasa Bandar Lampung tersebut tidak semuanya terlaksana, seperti kepala sekolah tidak pernah memberitahu jadwal pelaksanaan supervisi kunjungan ke kelas kepada guru yang akan disupervisi, dan pendekatan, teknik serta tindak lanjut dari hasil supervisi pembelajaran yang di gunakan kepala sekolah SMP Global Madani Rajabasa Bandar Lampung kurang variatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Aug 2017 07:55
Last Modified: 16 Aug 2017 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item View Item