UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PALAS LAMPUNG SELATAN

Sari, Ayu Kartika (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PALAS LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Sari.pdf]
Preview
PDF
Download (77MB) | Preview

Abstract

Dalam Pendidikan Islam, perhatian untuk mengembangkan kecerdasan emosional telah diupayakan. Sebagai indikator dari kecerdasan emosional adalah: mengenali emosi diri, mengelola emosi, mengenali emosi orang lain, memotivas idiri, dan membina hubungan orang lain. Kecerdasan emosi dalam diri seseorang tidaklah berkembang secara alamiah. Artinya bahwa seseorang tidak dengan sendirinya memiliki kematangan kecerdasan emosional semata-mata didasarkan pada perkembangan psikologisnya, namun tergantung pada proses pelatihan dan pendidikan. Berbagai masalah yang terjadi dikalangan siswa berupa masalah psikologis yang berdampak pada tingkah laku buruk bagi peserta didik di SMA Negeri 1 Palas, menjadikan guru PAI merasa bertanggung jawab untuk membantu menyelesaikan masalah psikologis peserta didik dengan mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMA Negeri 1 Palas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional, Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari : interviu, observasi, dan Dokumentasi. untuk menganalisis data dipergunakan cara analisis induktif yaitu proses analisis yang bertitik tolak dari hal khusus kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik adalah dengan memusatkan perhatiannya pada jalinan emosi dalam diri peserta didik, guru mengajarkan ketrampilan emosional, guru dapat mengadaptasikan pelajaran-pelajaran yang ada di sekolah dengan pelajaran emosi, dan guru mempergunakan pendidikan afektif terbalik. Namun dari upaya yang telah dilaksanakan tersebut belum maksimal dikarenakn kendala-kendala yang mengganggu pelaksanaan upaya tersebut antara lain: waktu yang dipergunakan guru disekolah terbatas, peserta didik yang kurang respon terhadap upaya tersebut, dan juga kendala intern dari guru PAI sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Aug 2017 07:26
Last Modified: 16 Aug 2017 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item