STUDI POTENSI DAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ANALYSIS FINGERPRINT (DERMATOGLYPHICS) UNTUK MENENTUKAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI STUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN

Riyanti, Franciska Anes (2020) STUDI POTENSI DAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ANALYSIS FINGERPRINT (DERMATOGLYPHICS) UNTUK MENENTUKAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI STUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SAMPAI BAB 2]
Preview
PDF (SAMPAI BAB 2)
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of LENGKAP] PDF (LENGKAP)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Membantu guru dalam memilih media pembelajaran yang efektif untuk peserta didik berdasarkan karakteristik yang dimiliki setiap peserta didik, (2) Mempersingkat waktu guru dalam memilih media pembelajaran yang efektif sesuai materi pelajaran berdasarkan ASSURE, (3) Membuat peserta didik lebih terarah memasuki jenjang SMA dalam memilih penjurusan dan cara belajar yang sesuai dengan kemampuan yang ada pada dirinya, (4) Memperkenalkan pada dunia pendidikan fungsi dan manfaat dari analysis fingerprint yang dapat membantu sekolah meningkatkan mutu lulusan tiap peserta didiknya, dan (5) cara memilih media yang paling efektif yang dapat digunakan pada saat kegiatan belajar mengajar berdasarkan karakteristik peserta didik ditunjuang dari potensi dan gaya belajar. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Serta dengan pengambilan sampel menggunakan teknik (Purposive Sampling) yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 36 Bandar Lampung khususnya 27 peserta didik kelas VIII E, dengan catatan terpenting setiap peserta didik yang menjadi sampel tidak boleh mengalami kecacatan sidik jari. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, Analysis Fingerprint, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data yaitu profil potensi peserta didik di SMP Negeri 36 Bandar Lampung khusunya kelas VIII E adalah 42% potensi jenis kecerdasan Visual-Spasial, 31% kecerdasan Logis-Matematis, 17% kecerdasan Naturalis dan 10% kecerdasan interpersonal. Dimana data penelitain yang dipakai dalam pembahasan adalah jenis kecerdasan yang paling sesuai dengan matapelajaran IPA yaitu kecerdasan Visual-Spasial dan kecerdasan Naturalis. Dengan jenis gaya belajar yang paling dominan adalah jenis gaya belajar Visual sebanyak 92% dan kinestetik 8%. Maka dari profil potensi yang muncul pada data hasil penelitian tersebut maka berdasarkan prosedur pemilihan media pembelajaran berdasarkan anderson dan beberapa referensi serta pendapat para ahli lain, jenis media pembelajaran yang memungkinkan paling efektif digunakan adalah media diantarnya seperti Filp Chart, Power Point Presentation (PPT), Film Bergerak, Gambar, Mikroskop, SAD 3D, Benda Nyata, dan Benda Tiruan. Kata Kunci : Potensi, Gaya Belajar, Media Pembalajaran, Analysis Fingerprint (Dermatoglyphics).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 18 Jun 2020 07:46
Last Modified: 18 Jun 2020 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10620

Actions (login required)

View Item View Item