MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN KEGIATAN BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA PLASTISIN DI KELOMPOK B TK AL – ULYA RAJABASA BANDAR LAMPUNG

Wardani, Ilfi Rahmi (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN KEGIATAN BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA PLASTISIN DI KELOMPOK B TK AL – ULYA RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_WARDANI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap anak dilahirkan dengan membawa potensinya masing-masing. Anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang harus dikembangkan. Anak memiliki karakteristik tertentu yang khas dan tidak sama dengan orang dewasa, mereka selalu aktif, dinamis, antusias dan ingin tahu terhadap apa yang dilihat, didengar, dirasakan, mereka seolah-olah takpernah berhenti bereksplorasi dalam belajar. Seorang pendidik hendaknya semaksimal mungkin berusaha mengembangkan kualitas pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang mejadi tanggung jawabnya. Di antaranya dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik untuk perkembangan penelitian di bidang belajar mengajar. Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka ditemukan berbagai macam media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mngembangkan kemampuan peserta didik, salah satunya yaitu media plastisin. Dalam penelitian ini, media plastisin digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus peserta didik. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang penulis ajukan adalah “apakah penggunaan media plastisin dapat meingkatkan keampuan motorik halus anak pada siswa Kelas B3 Di Tk Al-Ulya Rajabasa Bandar Lampung”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media plastisin dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa Kelas B3 Tk Al-Ulya Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jelas penelitian deskriptif kualitatif. Adapun alat pengumpulan datanya menggunakan metode observasi sebagai media pokok, metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Metode observasi digunakan penulis untk melakukan pengamatan secara cermat keadaan di tempat penelitian, metode dokumentasi digunakan untuk melengkapi data-data hasil perkembangan peserta didik dan data lain yang di perlukan. Media plastisin telah di implementasikan peneliti dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan mmotorik halus anak pada sisiwa kelas A di TK Al-Uya Rajabasa Bandar Lampung. Dari kegiatan dua siklus tersebut peneliti mendapatkan hasil hasil yang sangat signifikan, yaitu meningkatnya kemampuan motorik halus anak pada siklus I sebanyak 55,5% dan siklus II sebesar 77,8%Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat penulis simpulkan bahwa media plastisin dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada siswa Kelas B Di Tk Al-Ulya Rajabasa Bandar Lampung dengan hasil yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Aug 2017 06:30
Last Modified: 16 Aug 2017 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item View Item