Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan Media Pembelajaran Berbantu Adobe Flash Untuk Meningkatakan Pemahaman Konsep Matematis

Mukhayat, Ahmad (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan Media Pembelajaran Berbantu Adobe Flash Untuk Meningkatakan Pemahaman Konsep Matematis. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 DAN 2]
Preview
PDF (BAB 1 DAN 2)
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL] PDF (SKRIPSI FULL)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam memahami gagasan atau konsep matematika, bukan hanya sekedar menghafal konsep yang telah dipelajari, tetapi bisa menjelaskan kembali dalam cara yang berbeda sehingga mudah untuk dimengerti dan dipahami pada setiap penyelesaian matematika. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMP Negeri 7 Bandar Lampung masih rendah terlihat dari proses peserta didik dalam menyelesaikan soal, hal ini disebabkan kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer menggunakan media pembelajaran berbantu adobe flash untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik SMP Negeri 7 Bandar Lampung, dengan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VIII I dan VIII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah uji analisis variansi satu jalan.Hasil uji anova satu arah dengan menggunakan SPSS diperoleh hasil bahwa nilai sig. < 0,05 sehingga H_0ditolak sehingga ada minimal 1 pasang model yang memberikan rataan hasil yang berbeda. Berdasarkan hasil komparasi ganda dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran advance organizer menggunakan media pembelajaran berbantu adobe flash sama baiknya dengan model pembelajaran advance organizer terhadap peningkatan pemahaman matematis peserta didik. (2) model pembelajaran advance organizer menggunakan media pembelajaran adobe flash lebih baik dengan model pembelajaran konvesional. (3) model pembelajaran advance organizer lebih baik dengan model pembelajaran konvesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 19 Jun 2020 02:36
Last Modified: 19 Jun 2020 02:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10613

Actions (login required)

View Item View Item