Pengembangan Pocket Book Digital Bercirikan Etnomatematika untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama

Herawati, Ika (2020) Pengembangan Pocket Book Digital Bercirikan Etnomatematika untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Bab 1-2]
Preview
PDF (Bab 1-2)
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi full] PDF (Skripsi full)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan, respon maupun efektivitas pembelajaran menggunakan pocket book digital bercirikan etnomatematika untuk sekolah menengah pertama. Jenis penelitian yang digunakan research and development (RnD) dengan model ADDIE. Tahapan model ADDIE meliputi 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik analisis data penelitian terhadap pocket book digital menggunakan 2 teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket, wawancara, dokumentasi,dan tes. Penelitian dilakukan di SMPN 7 Metro. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi guna mengetahui kelayakan pocket book digital diberikan kepada para ahli dan angket respon kemenarikan pocket book diberikan kepada peserta didik. Hasil penilaian angket ahli media diperoleh rata-rata sebesar 3,42 dengan kriteria “layak” dan hasil penilaian angket ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 3.39 dengan kriteria “layak”. Adapun hasil penelitian ini dengan respon peserta didik dari penggunaan pocket book digital bercirikan etnomatematika dalam uji skala kecil yang dilakukan kepada 10 peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 3,49 dengan kriteria “sangat menarik” dan uji skala besar yang dilakukan kepada 20 peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 3,64 dengan kriteria “sangat menarik” Dan tingkat keefektifan penggunaan pocket book digital bercirikan etnomatematika yang diterapkan dalam proses pembelajaran mendapatkan nilai uji effect size sebesar 0,59 dengan kategori ”sedang”. Dapat disimpulkan bahwa pocket book digital tersebut layak, menarik dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pocket Book Digital, Etnomatematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 18 Jun 2020 05:34
Last Modified: 19 Jun 2020 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10611

Actions (login required)

View Item View Item