PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS V MIN 6 KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Handayani, Putri (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS V MIN 6 KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_HANDAYANI.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS, sehingga hasil belajar peserta didik banyak yang belum mencapai KKM 70. Kondisi di atas memotivasi peneliti untuk mencari solusi dengan menerapkan model Teams Games Tournament(TGT) karena model ini adalah salah satu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif dalam belajar, model ini juga menguji pemahaman peserta didik dengan suasana belajar yang menyenangkan, menyenangkan disini maksudnya suasana belajar sambil bermain (games). Rumusan masalah yang di ajukan adalah “Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V MIN6 LAMPUNG SELATAN kecamatan Jati Agung Lampung Selatan tahun 2016/2017?” Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana dalam penyampaian data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek peneliti yaitu siswa kelasV MIN 6 LAMPUNG SELATAN. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes yang dilakukan peneliti menggunakan pre test (untuk melihat pengetahuan siswa mengenai materi yang akan di sampaikan dan untuk membagi siswa dalam bentuk kelompok) dan post test(Untuk melihat kemampuan siswa setelah peroses pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament ). Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pada Siklus I dari 21 siswa yang tuntas belajar sebanyak 12 siswa atau 57,2% sedangkan yang tidak tuntas belajar sebanyak 9 siswa atau 42,8 % Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dari 21 siswa hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 85,7%, sedangkan yang tidak tuntas sebesar 3 siswa atau 14,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V MIN 6 Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:03
Last Modified: 16 Aug 2017 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item View Item