Riati Ningsih, Widia (2020) Pengaruh Hasil Tes Formatif Terhadap Hasil Tes Sumatif Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits SIswa Kelas VIII MTs Negeri di Bandar Lampung. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF (SAMPAI BAB 2)
Download (5MB) | Preview |
PDF (LENGKAP)
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil tes formatif dan hasil tes sumatif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII MTs Negeri di Bandar lampung. serta bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara hasil tes formatif dan hasil tes sumatif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII MTs Negeri di Bandar lampung. Menurut metode penelitian ini merupakan penelitian expost facto sedangkan menurut jenis data yang digunakan adalah jenis kuantitatif Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri di Bandar Lampung dengan jumlah 608 siswa. Penelitian ini menggunakan dua sampel yaitu sampel dari MTs Negeri 1 Bandar Lampung dan dari MTs Negeri 2 Bandar Lampung yang berjumlah 128 siwa dengan teknik sampling Cluster Random Sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi hasil tes formatif dan hasil tes sumatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata skor hasil tes formatif siswa kelas VIII MTs Negeri di Bandar Lampung adalah 73,48.Terdapat 65 siswa (50,8% dari 128 siswa) yang mempunyai hasil tes formatif yang berada diatas KKM dan 63 siswa (49,2% dari 128 siswa) yang mempunyai hasil tes formatif yang berada dibawah KKM. Skor minimum dan maksimum hasil tes formatif yaitu 48 dan 95. Sedangkan Nilai rata-rata skor hasil tes sumatif siswa VIII MTs Negeri di Bandar Lampung adalah adalah 72,66. Terdapat 65 siswa (50,8% dari 128 siswa) yang mempunyai hasil tes sumatif yang berada diatas KKM dan 63 siswa (49,2% dari 128 siswa) yang mempunyai hasil tes sumatif yang berada dibawah KKM. Skor minimum dan maksimum hasil tes sumatif adalah 32 dan 98. Serta terdapat pengaruh antara hasil tes formatif terhadap hasil tes sumatif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hal ini dilihat dari perhitungan regresi sederhana yang diperoleh dengan persamaan regresi sederhana yaitu Ŷ = 10,207+ 0,850X. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh hasil tes formatif positif terhadap hasil tes sumatif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Dengan demikian, semakin baik hasil tes formatif maka akan semakin baik juga hasil tes sumatif nya, sebaliknya apabila semakin buruk hasil tes formatif maka hasil tes sumatifnya juga akan semakin buruk. Kata Kunci : Hasil Tes Formatif, Hasil Tes Sumatif, Al Qur’an Hadits
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 02:37 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 02:38 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10571 |
Actions (login required)
View Item |