KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN DATA SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Heni Yulianti, YUL (2020) KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN DATA SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of TESIS HENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of abaxHENI.pdf]
Preview
PDF
Download (602kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan memperoleh informasi secara mendalam tentang kinerja tenaga kependidikan dalam pengelolaan data sekolah di MTs Negeri 2 Bandar Lampung dengan melihat dari: (1) kompetensi tenaga administrasi madrasah; (2) motivasi tenaga administrasi madrasahdan (3) umpan balik sebagai mutu layanan tenaga administrasi madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tempat yang menjadi objek penelitian adalah MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Waktu penelitian dimulai dari bulan Januari – Maret 2020. Subyek penelitian ini adalah kepala tenaga administrasi madrasah. Informan dalam penelitian ini adalah personil tenaga administrasi madrasah itu sendiri, kepala madrasah, guru, peserta didik, dan masyarakat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dilakukan secara interaktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang kinerja tenaga kependidikan dalam pengelolaan data sekolah di MTs Negeri 2 Bandar Lampung adalah sebagai berikut: (1) kompetensi yang dimiliki setiap personil tenaga administrasi madrasah sudah sesuai dengan bidangnya masing-masing yang meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi social, kompetensi manajerial, dan kompetensi teknis. meskipun tidak semua kompetensi yang dimiliki pegawai tenaga administrasi madrasah sesuai dengan latar belakang pendidikannya; (2) motivasi yang diberikan oleh kepala madrasah maupun kepala tenaga administrasi kepada setiap personil tenaga administrasi masih belum maksimal terutama kurangnya pantauan dan evaluasi sehingga mempengaruhi kinerja pegawai tenaga administrasi dalam menjalankan tugasnya; (3) umpan balik sebagai mutu layanan yang diberikan tenaga administrasi kepada pelanggan yaitu siswa, seluruh pegawai madrasah, dan masyarakat cukup memuaskan sehingga banyak orang tua yang mempercayakan MTs Negeri 2 Bandar Lampung sebagai sekolah pilihan, baik yang berdomilisi dekat maupun jauh dengan madrasah tersebut. Kata Kunci : kinerja, tenaga kependidikan, pengelolaan data sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:26
Last Modified: 15 Jun 2020 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10543

Actions (login required)

View Item View Item