Internalisasi Nilai-Nilai Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Pesrta Didik yang Beradab (Studi di TPQ Insan Cendekia Adabi, Sukarame,Bandar Lampung)

Rizaldi, Febian (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Pesrta Didik yang Beradab (Studi di TPQ Insan Cendekia Adabi, Sukarame,Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-BAB II] PDF (BAB 1-BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of sKEIPSI lENGKAP] PDF (sKEIPSI lENGKAP)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tazkiyatun Nafs adalah upaya pensucian jiwa dari berbagai macam kotoran dan penyakit yang ada di dalam hati sehingga kemudian dapat ditanamkan perbuatan-perbuatan-perbuatan ataupun akhlak mulia pada diri manusia. Skripsi ini meneliti tentang internalisasinilai-nilai tazkiyatun nafs di TPQ Insan Cendekia Adabi, Sukarame, Bandar Lampung dengan dua rumusan masalah, yaitu bagaimana internalisasi nilai-nilai tazkiyatun nafs dalam membentuk peserta didik yang beradab di TPQ Insan Cendekia Adabi ? dan faktor apa saja yang mempengaruhi proses internalisasi nilai-nilai tazkiyatun nafs di TPQ Insan Cendekia Adabi, Sukarame, Bandar Lampung ?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana Internalisasi nilai-nilai Tazkiyatun Nafs dalam membentuk santri yang beradab di TPQ Insan Cendekia Adabi, Sukarame, Bandar Lampung dan untuk megetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam internalisasi nilai-nilai Tazkiyatun Nafs di TPQ Insan Cendekia Adabi. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam skripsi ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik koleksi data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Setelah dilaksanakan penelitian, maka penulis menemukan metode tazkiyatun nafs yang diterapkan di TPQ Insan Cendekia Adabi meliputi Tahfiz, shalat dhuha, dzikir setelah shalat, shalat sunnah rawatib, dan puasa sunnah. Faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan dari internalisasi nilai-nilai tazkiyatun nafs tersebut ialah keistiqomahan peserta didik dan dukungan dari orang tua ataupun wali. Sedangkan faktor utama yang menghambat ialah keadaan peserta didik, motivasi peserta didik, dan orang tua atau wali peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 11 Jun 2020 04:18
Last Modified: 11 Jun 2020 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10481

Actions (login required)

View Item View Item