UPAYA PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ISLAM BERBASIS DESA WISATA GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA AGUSEN KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES - ACEH

SUKRI, SUK (2020) UPAYA PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ISLAM BERBASIS DESA WISATA GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA AGUSEN KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES - ACEH. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis Lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[thumbnail of abstrak arun jrm.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sebagai upaya untuk menghadapi berbagai tantangan dan perkembangan keadaan, lahirnya UU No. 23 Tahun 2014 tentang pemda bahwa salah satu mandat pembentukkan Kecamatan adalah salah satunya untuk memberdayakan masyarakat desa, seperti yang dinyatakan dalam pasal 221 ayat 1 bahwa, “Daerah Kabupaten/kota membentuk Kecamatan dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintah, pelayanan public, dan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan. Mengingat pentingnya upaya pemerintah Kecamatan untuk memberdayakan masyarakat desa, pemerintah tidak ingin ketinggalan untuk mewujudkannya, khususnya dalam hal ini adalah desa Agusen yang ada di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues, pada zaman colonial belanda desa Agusen merupakan desa pembuangan para penderita penyakit kusta, desa ini juga desa tertinggal dan jauh dari keramaian/pusat kota, tingkat pendidikan yang rendah, serta pertumbunhan ekonomi yang rendah sehingga masyarakat masil terlilit dalam rantai kemiskinan, dan dikenal dengan desa penghasil ganja karena tanahnya yang subur. selama ini kurangnya perhatian pemerintah terhadap desa Agusen membuat desa Agusen kurang terekspo dari berbagai potensi yang dimiliki, seperti potensi alam yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata guna meningkatkan Perekonomian masyarakat desa Agusen. penelitian ini bertujuan untuk menggungkapkan tentang: (1) Upaya pemerintah Kecamatan Blangkejeren dalam pemberdayaan masyarakat islam berbasis desa wisata guna meningkatkan Perekonomian masyarakat desa Agusen,(2) Proses pemberdayaan masyarakat islam berbasis desa wisata guna meningkatkan Perekonomian masyarakat desa Agusen, (3) Perubahan setelah proses pemberdayaan masyarakat islam berbasis desa wisata guna meningkatkan Perekonomian masyarakat desa Agusen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang bersumber dari data primer dan data sekunder, dengan tehnik pengumpulan data interview,observasi, dan dekumentasi, serta analisis data dengan mengumpulkan data, redukasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikkan bahwa upaya yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Blangkejeren adalah dengan pendekatan, program dulu desa ganja sekarang desa wisata, petani komodity kopi, kursus bahasa inggris, dan meningkatkan semangat kewirausahaan masyarakat. Sedangkan dalam proses Pemberdayaan masyarakat desa Agusen berbasis desa wisata adalah melalui penyadaran, perencanaan program desa wisata desa Agusen, pelatihan dan pengembangan keterampilan, baik dalam pengembangan desa wisata, komodity petani kopi, kursus bahasa inggris. Sedangkan perubahan setelah proses pemberdayaan masyarakat berbasis desa wisata terhadap pertumbuhan Perekonomian masyarakat desa Agusen adalah dengan munculnya usaha-usaha baru bagi masyarakat desa Agusen, seperti warung makan, kedai kopi dan juga penghasilan dari tiket masuk, parker, dan sewa alat perlengkapan untuk arum jeram.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 09 Jun 2020 05:00
Last Modified: 09 Jun 2020 05:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10479

Actions (login required)

View Item View Item