Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Materi Nilai-Nilai Mulia Asmaul Husna Di Kelas VII MTsN 1 Lampung Tengah

Al-Mubarok, Muhammad Zakkiy (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Materi Nilai-Nilai Mulia Asmaul Husna Di Kelas VII MTsN 1 Lampung Tengah. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PDF (SAMPAI BAB 2)]
Preview
PDF (PDF (SAMPAI BAB 2))
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of PDF (LENGKAP)] PDF (PDF (LENGKAP))
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini diketahui bahwa model pembelajaran yang digunakan guru kurang inovatif dan bervariasi, tidak memanfaatkan media pembelajaran, dan pembelajarannya masih berpusat pada guru (teacher centered). Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran word square berbantuan audio visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar materi nilai-nilai mulia asmaul husna di kelas VII MTsN 1 Lampung Tengah TP.2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 1 Lampung Tengah tahun ajaran 2019/2020. Sampel terdiri dari 36 siswa kelas VII C dan 35 siswa kelas VII D dengan total 71 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dan dokumentasi. Setelah data tes objektif didapatkan setelah itu dilakukan analisis statistik dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Word Square berbantuan Audio Visual kelas eksperimen mencapai 89,71 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction mencapai rata-rata 81,53. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t yang telah dilakukan menunjukan bahwa thitung = 3,195 > ttable = 2,00 sehingga diperoleh Ho ditolak maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Word Square berbantuan Audio Visual terhadap hasil belajar materi nilai-nilai mulia Asmaul Husna di kelas VII MTsN 1 Lampung Tengah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Word Square, Media Audio Visual dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 11 Jun 2020 02:12
Last Modified: 11 Jun 2020 02:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10469

Actions (login required)

View Item View Item