ANALISIS MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT DI MADRASAH TSANAWIYAH HASANUDDIN BANDAR LAMPUNG

Putra, Eka (2017) ANALISIS MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT DI MADRASAH TSANAWIYAH HASANUDDIN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_PUTRA.pdf]
Preview
PDF
Download (66MB) | Preview

Abstract

Kesuksesan lembaga pendidikan harus ditopang bersama oleh seluruh pihak, baik keluarga, sekolah maupun masyarakat. Ketiga komponen ini harus saling bersinergi secara padu, sehingga bisa menghasilkan outcame pendidikan yang berkualitas. Untul itu, sekolah diharapkan mampu meningkatkan hubungan dengan keluarga, atau wali murid, serta masyarakat pada umumnya untuk diajak bekerja sama dalam mewujudkan pengelolaan manajemen hunbungan sekolah dengan masyarakat yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat, serta untuk mengetahui kendala apa saja yang di hadapi di MTs Hasanuddin Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan bentuknya penelitian lapangan, dengan mengambil lokasi di MTs Hasanuddin Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk proses analisis data digunakan analisis model Miles dan Huberman, yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi data dan interpretasi data. Hasil penelitian ini bila diukur berdasarkan indikator Humas menunjukkan; pertama, terkait dengan hubungan edukatif yang dijalin dengan terbentuknya komite madrasah. Namun, pertemuan atau rapat dilakukan pada saat bagi raport saja, jadi belum pada tahap yang intensif. Hal ini desebabkan belum adanya perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang efektif. Kedua, hubungan kerja sama madrasah dengan Instansi seperti BNN, Kepolisian, Puskesmas, Kecamatan, dan Perguruan Tinggi sudah terjalin. Namun, belum sepenuhnya dilakukan. Ketiga, apa yang menjadi kendala dalam manajmen Humas diketahui disebabkan oleh dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Yang pertama pertama faktor internal, diketahui bahwa belum adanya tenaga khusus yang mengatur tentang hubungan madrasah dengan masyarakat. Sedangkan faktor eksternalnya diketahui bahwa pihak masyarakat dan wali murid belum mengutamakan sekolah Agama atau madrasah sehingga terbentuk persepsi masyarakat bahwa sekolah umum yang paling utama. Serta, pihak wali murid secara serta-merta menyerahkan proses pendidikan anak mereka di madrasah saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 Aug 2017 07:25
Last Modified: 15 Aug 2017 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item