STRATEGI ADAPTASI PEDAGANG KECIL DI PASAR KOGAKELURAHAN SIDODADI KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG

Apriyanti, Desi (2017) STRATEGI ADAPTASI PEDAGANG KECIL DI PASAR KOGAKELURAHAN SIDODADI KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF (BAB I)
Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB II)
Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB IV)
Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB V)
Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB III)
Download (198kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK STRATEGI ADAPTASI PEDAGANG KECIL DI PASAR KOGA KELURAHAN SIDODADI KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG Oleh Desi Apriyanti Kehadiran para peritel modern yang menyasar konsumen menengah ke atas, saat itu lebih menjadi alternatif dari pasar tradisional yang identik dengan kondisi pasar yang kumuh, kotor, bau, dan dengan tampilan dan kualitas yang buruk, serta harga jual rendah serta sistem tawar menawar konvensional. Namun sekarang ini kondisinya sudah banyak berubah. Supermarket dan Hypermarket banyak bermunculan di mana-mana. Kondisi ini muncul sebagai konsekuensi dari berbagai perubahan di masyarakat. sebagai konsumen, masyarakaat menuntut hal yang berbeda di dalam aktivitas belanja. Kondisi ini ditambah dengan semakin meningkatnya tingkat pengetahuan, pendapatan, dan jumlah pendapatan keluarga ganda (suami-istri bekerja) dan dengan waktu yang terbatas Pasar modern yang ada saat ini bisa saja dengan mudah mendapatkan konsumen atau pelanggan karena mereka pada awal pembukaan menawarkan diskon (discount) atau potongan harga yang cukup menggiurkan. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu bagaimana strategi yang dilakukakan pedagang di pasar Koga Sidodadi kecamatan Kedaton Bandar Lampung, faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi pedagang kecil di pasar Koga Sidodadi kecamatan Kedaton Bandar Lampung untuk kelangsungan hidup usaha daganganya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan pedagang kecil dipasar Koga Bandar Lampung dan apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan sebagai upaya untuk mengetahui dengan mengungkapkan data-data tentang strategi adaptasi pedagang kecil di pasar Koga Bandar Lampung. Menurut sifat penelitian ini bersifat deskriptif yaitu menjelaskan dan memaparkan apa adanya tentang proses jual-beli. Dengan menggunakan metode Observasi,Wawancara, dan Dokumentasi. Observasi dilakukan untuk melihat pelayanan terhadap konsumen, kualitas barang dagangnya. Wawancara dilakukan terhadap pedagang kecil, konsumen dan petugas pasar. Dokumentasi dilakukan untuk memperoleh nama-nama pedagang dan denah lokasi pasar. Berdasarkan hasil penelitian, bagi pedagang hendaknya berusaha senantiasa meningkatkan keragaman produk terutama pada ketersediaan produk secara lengkap dan berkualitas, serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. strategi adaptasi pedagang kecil di pasar Koga Bandar Lampung diantaranya 1. Kualitas produk, 2. Strategi keahlian kecakapan seperti sopan, ramah, 3. Realibilitas (pelayanan), 4. Kredibilitas (jujur), 5. Akses. dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat. Factor pendukung yaitu 1. Waktu pelayanan di pasar tradisional relative panjang. 2. Tawar – menawar. 3. Membeli secara eceran. 4.Beraneka ragam produk-produk yang ditawarkan. 5. Dengan mudahnya berjualan di pasar tradisional. 6. Bersifat kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 16 Aug 2017 01:49
Last Modified: 16 Aug 2017 01:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item