Pengelolaan Zakat Produktif pada Bidang Usaha Mikro Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Dalam Perspektif Ekonomi Islam : Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional di Kab. Ogan Komering Ulu Timur

Mursilah, Mursilah (2017) Pengelolaan Zakat Produktif pada Bidang Usaha Mikro Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Dalam Perspektif Ekonomi Islam : Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional di Kab. Ogan Komering Ulu Timur. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (84kB) | Preview

Abstract

Zakat memiliki potensi besar apabila dapat dikelola secara baik oleh pemerintah, dimana di dalam zakat itu sendiri adalah sejumlah uang ataupun dana yang di keluarkan orang yang memiliki perekonomian berkecukupan dan memenuhi syarat tertentu, disalurkan untuk golongan orang tertentu dan digunakan untuk kepentingan umat. Hal ini menjadikan potensi besar apabila di terapkan di Indonesia mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia bergama islam dan ini dapat di jadikan alternatif pemerintah untuk melaksanakan pemerataan kesejahteraan pada tiap lapisan masyarakat. Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang diwajibkan Allah SWT untuk diberikan kepada orang yang berhak. Zakat produktif adalah zakat yang dikelola dengan cara produktif, yang dilakukan dengan cara pemberian modal usaha kepada para fakir dan miskin sebagai penerima zakat dan kemudian dikembangkan, untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka untuk masa yang akan datang. Berbeda dengan zakat konsumtif yaitu penyaluran zakat berbentuk pemberian dana langsung berupa santunan sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan pokok penerima (mustahik) seperti untuk makan, pakaian, biaya sekolah dan lain-lain. Bagaimana pengelolaan zakat produktif pada bidang Usaha Mikro pada Badan Amil Zakat Nasional di Kabupaten OKU Timur dan Bagaimana upaya BAZNAS OKU Timur dalam pengentasan kemiskinan melalui zakat produktif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dikarenakan beberapa pertimbangan, pertama lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan, kedua menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dengan responden, ketiga lebih peka dan dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman pengaruh bersama dan terhadap pola-pola yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam terhadap pengelolaan zakat produktif pada bidang usaha mikro sebagai upaya pengentasan kemiskinan dalam perspektif ekonomi Islam pada Badan Amil Zakat Nasional di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Berdasarkan hasil penelitian pengelolaan zakat produktif pada bidang usaha Mikro sebagai upaya pengentasan kemiskinan dalam perspektif ekonomi Islam pada BAZNAS OKU Timur telah dilaksanakan secara maksimal, baik administrasi, manajemen, organisasi maupun keuangan. Upaya BAZNAS Kabupaten OKU Timur dalam pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan zakat melalui program OKU makmur, program OKU Timur cerdas, program OKU Timur sehat, program OKU Timur taqwa dan program OKU Timur peduli tahun 2014, 2015 melalui program bedah rumah sebanyak 321 orang dan 2016 sebanyak 15 orang melalui program bantuan modal setimulan bagi usaha mikro masing- melalui pemberdayaan zakat. . Kata kunci : Zakat Produktif, Usaha Mikro, Pengentasan Kemiskinan dan Perspektif Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Perbankan Syariah
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 09 Feb 2017 01:53
Last Modified: 09 Feb 2017 01:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item