IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUR RIDHO AL-ISLAMIYAH KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN

Rohmah , Siti (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUR RIDHO AL-ISLAMIYAH KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_ROHMAH.pdf]
Preview
PDF
Download (69MB) | Preview

Abstract

Efektivitas Merujuk pada kemampuan untuk memiliki tujuan yang tepat atau mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Efektivitas juga berhubungan dengan masalah bagaimana pencapaian tujuan atau hasil yang diperoleh, kegunaan atau manfaat dari hasil yang diperoleh, serta masalah tingkat kepuasan pengguna. Manajemen kelas memiliki peranan penting dalam efektivitas pembelajaran, yaitu berusaha semaksimal mungkin agar peserta didik memiliki semangat yang tinggi terhadap suatu pelajaran. Guru akidah akhlak di MTs Darur Ridho Al-Islamiyah Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran telah melaksanakan manajemen kelas dalam efektivitas pembelajaran Akidah Akhlak, namun ada peserta didik yang terkadang kurang bersemangat dalam belajar, sehingga penulis merumuskan masalah sebagai berikut: “bagaimanakah manajemen kelas dalam efektivitas pembelajaran akidah akhlak di MTs Darur Ridho Al-Islamiyah Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kelas dalam efektivitas pembelajaran akidah akhlak di MTs Darur Ridho Al-Islamiyah Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa kualitatif deskriptif yaitu analisa data yang menekankan pada makna, penalaran definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Adapun yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Darur Ridho Al-Islamiyah Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berfikir induktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa khusus kemudian dari fakta-fakta yang khusus tersebut ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Kesimpulan penelitian yaitu implementasi manajemen kelas dalam efektivitas pembelajaran akidah akhlak di MTs Darur Ridho Al-Islamiyah Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran adalah dengan merumuskan tujuan pengajaran, pengaturan waktu, pengaturan ruangan (fasilitas) dan pengelompokan siswa dalam belajar. Serta komunikasi yang baik terhadap peserta didik, penguasaan dan antusiasme terhadap pelajaran, sikap positif terhadap peserta didik, pemberian nilai yang adil dan keluwesan dalam pendekatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:29
Last Modified: 15 Aug 2017 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1038

Actions (login required)

View Item View Item