KINERJA PELAYANAN PUBLIK ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lampung Barat)

KUMALARATI, SHEILA PERTIWI (2020) KINERJA PELAYANAN PUBLIK ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of LENGKAP] PDF (LENGKAP)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SHEILA PERTIWI KUMALARATI.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Sejak berlakunya Peraturan Bupati Nomor 16 Tahun 2011 tentang Standart Pelayanan Publik Administrasi Kependudukan dalam hal untuk mewujudkan kepastian hak, tanggung-jawab, kewajiban dan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lampung Barat. Dalam hal ini masih banyak masyarakat yang mengeluh terhadap pelayan yang diberikan oleh petugas, sehingga perlu dilakukannya penilaian kinerja aparatur. Penilaian ini dimaksudkan untuk melihat apakah hasil kerja dari aparatur sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu membuat penulis tertarik untuk membahas dengan rumusan : Bagaimana Kinerja Pelayanan Publik Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lampung Barat dan Bagaimana Pandangan Hukum Islam terhadap Kinerja Pelayanan Publik Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lampung Barat. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui Kinerja Pelayanan Publik Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lampung Barat dan ingin mengetahui Pandangan Hukum Islam terhadap Kinerja Pelayanan Publik Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lampung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung antara peneliti dengan narasumber dan dokumentasi. Kemudian hasilnya dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Kinerja Aparatur Sipil Negara dalam Pelayanan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lampung Barat belum optimal karena masih terdapat keluhan masyarakat tentang pelayanan dan kinerja Aparatur Sipil Negara kepada masyarakat. Seharusnya kinerja Aparatur Sipil Negara dalam pelayanan masyarakat dapat memberikan kemudahan serta kenyamanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan publik. Tinjauan Hukum Islam terhadap Kinerja Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lampung Barat belum sesuai dengan nila-nilai Islam. Karena masih ditemukan di lapangan adanya diskriminasi pelayanan, ketidak adilan petugas, serta kurangnya keramahan petugas dalam memberikan pelayanan. Seharusnya kinerja Aparatur Sipil Negara sesuai dengan konsep pelayanan yang terkandung dalam Islam, yaitu tolong menolong (ta’awun), memberi kemudahan (at-tasyir), persamaan (musawah), saling mencintai (muhabdah), lemah lembut (al-layin), kekeluargaan (ukhuwah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 04 Jun 2020 06:03
Last Modified: 04 Jun 2020 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10374

Actions (login required)

View Item View Item