PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (KOGNITIF) DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VII

Sanusi, Aan (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (KOGNITIF) DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SAMPAI BAB 2]
Preview
PDF (SAMPAI BAB 2)
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of LENGKAP] PDF (LENGKAP)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (KOGNITIF) DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VII Oleh Aan Sanusi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasap ercaya diri siswa dalam menyampaikan pendapat di kelas dan rendahnya hasil belajar siswa. masih banyak siswa yang cenderung pasif saat pembelajaran berlangsung. Karena proses pembelajaran didominasi oleh guru yang berceramah. Sehingga siswa tidak dapat mengeksplor kemampuannya secara lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS berbasis open ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Al Huda Jatiagung pada materi SPLSV, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS berbasis open ended terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Al Huda Jatiagung pada materi SPLSV, (3)mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS berbasis open ended terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Al Huda Jatiagung pada materi SPLSV. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Al Huda Jatiagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik acak kelas (Random). Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa soal tes hasil belajar dan angket self-confidence. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas dengan uji Kmolgorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Box’s M. untuk hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS berbasis open ended hasil belajar peserta didik, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS berbasis open ended terhadap self confidence peserta didik, (3) model pembelajaran ARIAS berbasis open ended berpengaruh terhadap hasil belajar dan self confidence peserta didik secara silmutan. Kata kunci :ARIAS berbasis Open ended, Hasil Belajar, dan Self Confidence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 02 Jun 2020 11:51
Last Modified: 02 Jun 2020 11:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10361

Actions (login required)

View Item View Item