PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HABITS OF MIND SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

Selvana, Dwi (2017) PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HABITS OF MIND SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (0B) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara guru dengan siswa, untuk menciptakan iklim pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media mind mapping terhadap Penguasaan konsep (PK) dan Habits of mind (HOM) Siswa pada materi keanekaragaman hayati pada kelas VII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Metode Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen dengan desain the matching-only pretest-postest control group design. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata PK pretest di kelas eksperimen 60,48 nilai rata-rata PK posttest 87,81 dengan perolehan N-Gain 0,7 termasuk kategori tinggi. Pada kelas kontrol nilai rata-rata PK pretest a60,81 dan nilai rata-rata PK posttest 77,21 serta memperoleh N-Gain sebesar 0,41 termasuk kategori sedang. Dan untuk nilai rata-rata pretest Habits of mind (HOM) di kelas eksperimen 60,48 dan Posttest HOM 87,81 dengan N-Gain 0,7 termasuk kategori Tinggi. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest HOM 60,81 dan posttest sebesar 77,21 dengan N-Gain 0,4 termasuk kategori sedang. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji Fisher untuk uji homogenitas dan uji t-independent. Untuk uji t independent pretest dan posttest PK diperoleh tHitung 2,839 > tTabel 2,001. Karena tHitung > tTabel, maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Uji t independent pretest HOM diperoleh tHitung 4,128 > tTabel 2,001. Karena tHitung > tTabel, maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Uji t independent posttestt HOM diperoleh tHitung 4,306 > tTabel 2,001. Karena tHitung > tTabel, maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Dari rata-rata nilai awal dan akhir menunjukkan bahwa media mind mapping menghasilkan habits of mind dan penguasaan konsep siswa lebih baik dibandingkan dengan pendekatan student center. Berdasarkan hasil angket respon siswa diketahui bahwa siswa merespon positif terhadap pembelajaran yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:04
Last Modified: 15 Aug 2017 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item View Item