ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN PRINGSEWU

Mahri, Mah (2020) ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN PRINGSEWU. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of 0. Data abstraksi disertasi.pdf]
Preview
PDF
Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 1. BAB I PENDAHULUAN 1-25 ok.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[thumbnail of 2.BAB II TINJAUAN PUSATAKA  26-146.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB III. METODOLOGI 147-164.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[thumbnail of 4, BAB IV. Hasil dan Pembahasan 165-256.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5, BAB V. Kesimpulan 257-258.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)

Abstract

Perilaku pesertadidik yang tidak etis pada saat merayakan kelulusan, dan terjadinya tawuran antar pelajar di berbagai daerah, memberi indikasi adanya degradasi moral dikalangan pelajar. Suatu fenomena kemerosotan budi pekerti yang kurang mencerminkan perilaku sebagai masyarakat terdidik. Kondisi ini merupakan cerminan dari rendahnya kualitas hasil belajar siswa dari aspek sikap dan perilaku. Guna meminimalisir kondisi ini diperlukan guru yang memiliki kompetensi keperibadian sesuai standar, dan menerapkannya dalam proses dan pelaskanaan pembelajaran. Masalahnya, bagaimana kompetensi keperibadian guru diterapkan dalam pelaksanaan tugas profesi?. Penelitian ini bertujuan mengumpulkan data dan informasi untuk menjawab pertanyaan penelitian. Guna memenuhi keperluan tersebut dibutuhkan data kualitatif yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pengamatan langsung di lapangan. Data bersumber dari kepala sekolah, guru, siswa, masyarakat sekitar, dan sumber lain yang relevan. Analisis data dilakukan melalui pendekatan interaktif pada masing-masing variabel yang diteliti. Penelitian dilakukan mulai 3 April 2018 hingga 15 Mei 2019. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia, setidaknya tercermin dari penampilan diri guru sebagai peribadi yang terbuka, adil, sederhana, dan Pancasilais. (2) Guru menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat, setidaknya tercermin dari penampilan diri guru sebagi peribadi yang empati, sabar, dermawan, pemaaf, dan ramah. (3) Guru menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, setidaknya tercermin dari penampilan diri guru sebagi peribadi yang mandiri, elegan, dan bertanggung jawab. (4) Guru menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri, setidaknya tercermin dari penampilan diri guru sebagi peribadi yang disiplin, berpikir positip, mengevaluasi kinerja sendiri, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan. (5) Tidak ditemukan data dan informasi tentang bagaimana guru menjunjung tinggi kode etik profesi, karena guru PAI SMP Kabupaten Pringsewu belum memiliki kode etik profesi. (6) Hasil penelitian ini mendukung dan melengkapi teori tentang kompetensi keperibadian guru yang sudah ada. (7) Guru berperilaku jujur kepada peserta didik, tetapi pada kondisi tertentu guru berperilaku tidak jujur karena harus mengamankan kebijakan pimpinan. (8) Guru lebih focus pada tugas mengajar, sementara tugas utama lainnya cenderung berlangsung tanpa perencanaan dan pelaksanaan yang jelas. (9) Pengukuran keperibadian guru harus dilakukan secara total, komprehensif, dan terintegrasi, karena pengukuran keperibadian guru merupakan totalitas dari indikator, dan setiap indikator terdapat beberapa aspek yang saling terkait dan terpadu. Kata kunci: kompetensi, keperibadian, guru.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 05 Jun 2020 08:00
Last Modified: 05 Jun 2020 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10334

Actions (login required)

View Item View Item