Pengaruh Model Cooperative Learning Dengan Strategi Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII

Solekhah, Wahidatus (2020) Pengaruh Model Cooperative Learning Dengan Strategi Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SAMPAI BAB 2]
Preview
PDF (SAMPAI BAB 2)
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LENGKAP] PDF (LENGKAP)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman konsep dan kemampuan literasi matematika yang rendah, sulitnya peserta didik dalam melakukan aktivitas literasi matematika, kurangnya keterkaitan materi dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik yang pasif terhadap kegiatan pembelajaran, menjadi sebab akibat proses pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya keterlibatan peserta didik dalam menyelesaikan masalah. Usaha yang dilakukan pendidik agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika adalah penggunaan model pembelajaran yang sesuai dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika peserta didik kelas VIII yang menggunakan Model Cooperative Learning dengan Strategi Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Model Cooperative Learning, dan Model Pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini bertempat di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Metode penelitian yang dipilih adalah metode eksperimen dengan True Experimental Design tipe Posttest Only Control Design. Data mengenai kemampuan literasi matematika dikumpulkan melalui instrumen tes yang kemudian diolah dengan menggunakan uji One Way of ANOVA (ANOVA Satu Jalur) dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan literasi matematika yang menggunakan model cooperative learning dengan strategi conceptual understanding procedures (CUPs), model cooperative learning, dan model pembelajaran ekspositori. Presentase indikator kemampuan literasi matematika yang dicapai dalam penelitian ini adalah communication 100%, using mathematical tool 0%, devising strategies for solving problem 97%, using symbolic, formal, technical language, and operation 100%, mathematizing 0%, reasoning and argument 0%, dan representation 19%. Jadi, ada 4 indikator yang terpenuhi, yaitu communication, devising strategies for solving problem, using symbolic, formal, technical language, and operation, and representation. Kata Kunci: Model Cooperative Learning; Strategi Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Kemampuan Literasi Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 22 May 2020 06:35
Last Modified: 22 May 2020 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item View Item