PEMBERDAYAAN REMAJA PENYANDANG MASALAH DISABILITAS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

DEWI, AULIA (2017) PEMBERDAYAAN REMAJA PENYANDANG MASALAH DISABILITAS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF (ABSTRAK)
Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB I)
Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB II)
Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB III)
Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB IV)
Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB V)
Download (51kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PEMBERDAYAAN REMAJA PENYANDANG MASALAH DISABILITAS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh AULIA DEWI Pemberdayaan masyarakat merupakan sebagai tindakan sosial dimana penduduk sebuah komunitas mengorganisasikan diri dalam membuat perencanaan dan tindakan kolektif untuk memecahkan masalah sosial atau memenuhi kebutuhan sosial sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang dimilikinya. Masyarakat penyandang disabilitas merupakan kelompok yang tidak berdaya karena keterbatasan fisik. Oleh karena itu, pemberdayaan masyarakat mengembangkan diri dari keadaan tidak atau kurang berdaya menjadi berdaya. Sekolah Luar Biasa (SLB) Sukarame Kota Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan nonformal yang memiliki berbagai kegiatan pelatihan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberdayaan pelatihan keterampilan yang dilakukan oleh SLB Sukarame Bandar Lampung terhadap remaja penyandang disabilitas dan hasil pemberdayaan keterampilan tersebut bagi remaja penyandang disabilitas dari SLB Sukarame Kota Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang yang dialami subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi khususnya yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui interview sebagai metode utama, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisa data menggunakan analisa kualitatif dengan penarikan kesimpulan data menggunakan cara induktif. Berdasarkan hasil penelitian, adanya pelatihan keterampilan kegiatan ini sangat membantu remaja penyandang disabilitas untuk lebih percaya diri dan bisa hidup bermasyarakat dengan potensi yang dimilikinya. Dengan adanya pelatihan keterampilan dan pembinaan mental pada anak remaja penyandang disabilitas dampak yang paling utama meningkatnya skill, berpotensi dan kualitas akhlaq untuk menjadi lebih baik lagi. Maka Sekolah Luar Biasa (SLB) Sukarame Kota Bandar Lampung dalam menjalankan program pemberdayaan pelatihan keterampilan dan pembinaan mental bisa dikatakan belum optimal karena sampai saat ini Pemerintah Provinsi Lampung belum memberikan lapangan kerja untuk mengembangkan keahlian atau potensi yang dimiliki siswa/siswi remaja penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:12
Last Modified: 16 Aug 2017 02:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item