EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBELAJARAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA AL-HIKMAH DESA SIDOSARI NATAR LAMPUNG SELATAN

Abdurrohman , Dede (2017) EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBELAJARAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA AL-HIKMAH DESA SIDOSARI NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan luar sekolah merupakan kegiatan terorganisasi dan sistematis, di luar sistem persekolahan yang mapan, dilakukan secara mandiri atau merupakan bagian penting dari kegiatan yang lebih luas, yang sengaja dilakukan untuk melayani peserta didik tertentu di dalam mencapai tujuan belajar. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) merupakan salah satu lembaga yang memberikan layanan berupa pengetahuan dan keterampilan dalam menulis, membaca dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. TPA Al-Hikmah menjadi salah satu TPA di Desa Sidosari Natar Lampung Selatan yang mayoritas santri pandai dalam membaca Al-Qur’an, dengan tenaga pengajar hanya empat orang dan santri yang melebihi seratus orang menjadi menarik untuk diteliti bagaimana proses belajar mengajar berlangsung, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah “bagaimana efektivitas program pembelajaran di TPA Al-Hikmah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an?”. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah santri, tenaga pengajar, dan Pembina TPA Al-Hikmah Desa Sidosari, sedangkan untuk sumber data sekundernya penulis menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran Al-Qur’an. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis data reduction (reduksi data), display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Efektivitas pembelajaran di TPA Al-Hikmah Desa Sidosari Natar Lampung Selatan telah dicapai dengan baik oleh Pembina dan tenaga pengajarnya. Pencapaian tersebut diperoleh setelah melalui proses evaluasi santri dengan menggunakan ujian tes lisan maupun tes tulis sesuai dengan tujuan dan target oprasional yang ada. Kemudian dalam peningkatan membaca Al-Qur’an dapat dilihat pada penerapan sistem CBSA dan metode langsung pada proses belajar mengajar. Namun itu semua hanyalah acuan bagi para ustadz/ustadzah di TPA Al-Hikmah, sedangkan faktor keberhasilan yang menentukan efektivitas pembelajaran di TPA Al-Hikmah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri terletak pada kemampuan ustadz/ustadzah dalah mengefektifkan sistem assistensi, kontrol yang baik dalam sistem privat dengan tetap mengacu pada penerapan sistem modul dalam pengajaran iqra’sehingga hasil membaca Al-Qur’an santri mendapatkan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Aug 2017 07:28
Last Modified: 14 Aug 2017 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item