PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII

Domas, Aezira Elsika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_DOMAS.pdf]
Preview
PDF
Download (13MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dan perlu menjadi fokus perhatian dalam setiap pembelajaran matematika. Sebab, dalam proses pemahaman konsep peserta didik dapat menggunakan pemahamannya terhadap suatu konsep dan mampu mengingatnya secara detail untuk memecahkan suatu masalah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Abung Barat dengan Teknik pengambilan sampel ini yaitu teknik purposive sampling, Dengan sampel yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes, angket motivasi belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anava dua jalan. Metode analisis data dilakukan dengan metode liliefors untuk uji normalitas dan bartlett untuk uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji anava dua jalan. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama terdapat pengaruh model pembelajaran SFAE terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik dan model pembelajaran SFAE lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori. Hipotesis kedua terdapat pengaruh motivasi belajar matematika terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik dan peserta didik dengan motivasi belajar dengan kriteria tinggi lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki motivasi belajar dengan kriteria sedang dan rendah. Hipotesis ketiga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran SFAE dan motivasi belajar matematika terhadap pemahaman konsep matematis peserta didi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:18
Last Modified: 14 Aug 2017 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1020

Actions (login required)

View Item View Item