MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS VB MIN 9 BANDAR LAMPUNG

Khotimah, Khusnul (2017) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS VB MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar peserta didik kelas VB di Madrasah Ibtidaiyah Negri (MIN) 9 Bandar Lampung dan masih ada peserta didik yang kurang fokus dalam belajar. Oleh karena itu peneliti berupaya meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran NHT pada mata pelajaran IPS. “Apakah penerapan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS dikelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negri (MIN) 9 Bandar Lampung”? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action reaserch (CAR). Penelitian dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negri (MIN) 9 Bandar Lampung dengan jumlah 36 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model NHT dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negri (MIN) 9 Bandar Lampung yang berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 16 peserta didik alaki-laki dan 20 peserta didik perempuan, yaitu pada siklus I peserta didik yang minat belajarnya sangat tingi sebanyak 20 orang atau 55%, minat belajar Sedang sebanyak 10 orang atau 28%, minat belajar rendah sebanyak 6 orang atau 17%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu peserta didik yang minat belajarnya tinggi sebanyak 31 orang atau 86 %, minat belajar sedang sebanyak 3 orang atau 8%, minat belajar rendah sebanyak 2 orang atau 6%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negri (MIN) 9 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Aug 2017 03:53
Last Modified: 14 Aug 2017 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item