IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI MATHLA’UL ANWAR LANDBAW KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMU

Noviyanto, Roif (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI MATHLA’UL ANWAR LANDBAW KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NOVIYANTO.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter disekolah dasar merupakan pondasi awal bagi pembentukkan karakter suatu bangsa. Rentannya pendidikan karakter saat ini sangat meresahkan orang tua dan juga pendidikan secara Nasional. Pendidikan disekolah MI Mathla’ul Anwar telah menerapkan pendidikan karakter melalui rangkaian kegiatan keagamaan yang diadakan disekolah. Kegiatan keagamaan MI Mathla’ul Anwar dilaksanakan sebagai upaya pelaksanaan program sekolah yakni membentuk karakter peserta didik yang islami, sebagai insan yang berdaya saing juga sebagai siswa yang berbudi luhur. Tujuan diterapkannya pendidikan karakter di MI Mathla’ul Anwar ini sebagai jawaban atas keresahan orang tua dan juga pendidikan secara global sebagai keberhasilan pembentukkan karakter bangsa. Di MI Mathla’ul Anwar menerapkan pembiasaan sebagai cara penanaman karakter siswa. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MI Mathla’ul Anwar. Tujuan diadakannya penelitian ini merupakan langkah awal dan sebagai tolak ukur sekolah untuk pelaksanaan kegiatan keagamaan dan juga mengetahui strategi yang diterapkan dalam proses pembentukkan karakter siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model milles and huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pelaksanaan kegiatan keagamaan disekolah dilaksanakan dengan menggunakan metode pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan juga terstruktur. (2) nilai karakter yang ditanamkan disekolah meliputi nilai disiplin, jujur, tanggung jawab, sopan dan santun, ikhlas, dan juga toleransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:10
Last Modified: 14 Aug 2017 02:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item View Item